Video
0

Busy Book Rumah Kertas

Busy Book Rumah Kertas

Halo ini busy book rumah kertas buatanku. Bahannya kertas, aku gambar, lalu dilem. Bikinnya hampir seharian loh. Isi rumahnya ada ruang tidur, dapur, kamar mandi, tempat cuci, dan jemuran. Aku senang main busy book karyaku sendiri.

Gambar
0

My Farm :)

Alam pedesaan

Lukisan oleh Sonia terinspirasi dari gambar beberapa komik tentang pedesaan. Warna kolaborasi dengan mama.

0

Sakit yang Produktif

Minggu terakhir November Sonia sakit. Sepertinya karena kecapekan. Bagaimana tidak, kami baru menemukan jalan pintas melewati jalan setapak menuju lapangan kelurahan.

Biasanya kami ke lapangan mengendarai sepeda motor karena jalannya menanjak dan jauh memutar. Sedangkan jalan baru ini lebih datar dan jauh lebih dekat. Sehingga kami bisa kesana jalan kaki dan membawa serta sepeda Sonia. Jadi, sementara ortunya joging dia bisa mengikuti sambil sepedaan. Anaknya senang sekali!

Sudah lama Sonia tidak sepedahan tiba-tiba sepedahan dan lari-lari sampai 30 an menit nonstop. Si bocah nggak mau di suruh diam menunggu sementara ortunya joging. Yaiyalah. Beberapa hari begitu. Akhirnya badannya kaget, demam. Hasil laborat widalnya ketahuan kalau titer typhynya naik.

Sonia nggak betah harus berdiam diri selama sakit. Pengennya menggambar terus malahan. Dia pun membuat ini:

Sisi kreatif dari kegiatannya ini adalah: Kemampuannya memperkirakan besar kecilnya bagian-bagian yang akan dia susun. Tanpa mengukur langsung digambar. Dia sedang membuat puzzle my little pony!

Pertama dia menggambar setiap bagian tubuh my little pony. Setelah itu dia mewarnainya. Baru digunting-gunting. Lalu dia menyusun dengan mengelemnya satu persatu.

Yang menggemaskan, dia menggambar dan menggunting juga bagian yang kecil-kecil secara terpisah seperti: tanduk, mahkota, jambul dan kalungnya.

Semoga Sonia lekas pulih dan sehat selalu. Aamiin.

0

Komik: Dokter Gigi

Sonia membuat komik lagi. Kali ini sisi kreatifnya adalah memanfaatkan gambar yang sudah ada di kertas lalu dibuat sendiri dialognya. Oleh sebab itu susunan dialognya nggak dari atas ke bawah tapi dari bawah ke atas untuk dapat memahami isinya.

Dokter: Sonia, usia: 6 tahun

Pasien: Roki & Poo & Lia

——-+++++——-

Pasien: Tolong periksa, Buk. Saya sakit gigi.

Pasien : Buk maksud saya, anak saya yang sakit gigi.

Dokter : Ok, saya akan memeriksa anakmu.

+ Teman ayo turun kesini agar kita bisa bermain!

– Tidak bisa karena aku sedang sakit.

+ Hey! Ini rambut atau tali? *Sonia terinspirasi Rapunzel 😆*

– Maaf aku punyanya tali 😂

##Sonia bilang rencananya mau ditulis “Rmbutku sudah dipotong”, Tapi nggak jd karena terlalu panjang katanya.

+ Heeeeh…sekarang aku lelah karena ketawa dan membuat lelucuan terus.

– Aku jadi pengen makan es krim.

——————-

Begitulah komik Sonia kali ini. Tetep yaa, nulisnya nanya mamanya trus mamanya mendikte dari jauh 😁.

0

Komik Sonia

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Sonia bikin komik. Tapiiii ini pertama kalinya Sonia bikin komik dan menulis sendiri ceritanya. Biasanya saya yang menuliskan ceritanya sesuai dengan keinginan Sonia.

Kagetlah kami, anak ini tiba-tiba bisa menulis. Usianya memang sudah 6 tahun, tapi urusan baca tulis dia susah banget nangkepnya. Tapi soal menghitung dia cepet banget nangkepnya. Lagi-lagi Sonia dan Sofia bertolak belakang. Sofia dulu usia 6 tahun sudah bisa baca lancar, tapi soal menghitung…ortunya harus punya stock sabar berkali-kali lipat. Betapa luar biasanya setiap anak itu ya! ❤️

Karena kami homeschooling jadi ya nggak ada masalah dia belum bisa baca tulis diusianya sekarang. Dan kami jadi membuktikan lagi kalau anak-anak itu kalau sudah “saatnya” mereka akan bisa. Karena pada dasarnya mereka senang belajar. Yang penting kami ortunya mendukung dan memfasilitasi kebutuhannya belajar.

Ohiya, Sonia baru bisa membaca huruf-huruf besar. Kalau ketemu huruf kecil dia langsung bingung dan frustasi.

Bagaimanapun, selamat ya Sonia!

0

My Little Pony

Hari-hari kemarin Sonia lagi seneng banget gambar my little pony berlembar-lembar. Pas berkunjung ke rumah om tantenya, sepupu-sepupunya jadi gemes ngliatin Sonia gambar pony-ponynya. Merekapun minta digambarin. Sayangnya nggak difoto.

0

Cat Poster (Air) Baru Sonia

Sesuai janji mama, kalau Sonia menyelesaikan proyeknya (ikut lomba seperti di postingan sebelumnya), kami akan membelikan cat air baru untuknya. Disamping itu, paint cake Sonia emang sudah banyak warna yang habis.

Malam kemarin akhirnya kami menemukan cat poster 12 warna di toko stationary langganan. Kami memutuskan beli cat poster karena ngga ada paint cake yg se-merk dengan punya kami yang lama.

Sonia senang sekali punya cat baru. Bangun tidur langsung melukis. Nggak juga sih, anak ini kalau lagi pengen melukis ya sak wayah-wayah ambil kuas.

0

Mitsubishi Asian Children’s Enikki Fiesta

Leganyaaaa…

Bagaimana tidak, selama sebulan kami menyemangati Sonia (6th) untuk mengikuti lomba menggambar tingkat internasional. Lomba ini diikuti 24 negara Asia.

Sebenarnya Sonia juga semangat banget ingin berpartisipasi, tapi ya gitu namanya anak-anak. Ada aja dramanya di tengah jalan.

Tapi ini menjadi pengalaman berharga bagi kami. Kami jadi tahu ternyata Sonia anaknya punya komitmen dan kooperatif untuk menjalankan sebuah proyek.

Dia tipenya berbeda sama sang kakak. Kalau kakaknya lebih independen, nggak mau disuruh-suruh dalam berkarya. Pokoknya urusan berkarya itu ya harus semaunya dia hihihi. Si besar ini kalau nggambar sekeinginannya sendiri jadinya bagus-bagus bikin gemes, tapi giliran dikasih projek bertema, hasilnya, ya ampuuuun… Nggak niat banget ngerjainnya hahaha. Anak-anak memang mempunyai keunikan sendiri-sendiri. I love you, kak.

Balik ke urusan lomba yang diikuti Sonia. Tepat di tanggal terakhir cap pos batas pengiriman berkas –31 Oktober 2019–kami ke kantor pos mengirimkannya.

Ini dia karya Sonia yang diikutkan di lomba untuk anak usia 6-12 tahun itu:

Kami sudah memberikan pemahaman buat Sonia soal menang atau tidak di lomba ini. Alhamdulillah anaknya paham, jadinya enjoy aja dia ngerjain proyeknya. Yang bikin terharu, setelah ngirim karyanya dia bilang: “Kalau menang ya Alhamdulillah, kalau ga menang ya nggak papa ya ma?” Duuuh pinternya anakku.

Sudah setengah bulan berlalu sejak karyanya dikirim dan dia tak membicarakannya lagi. Tapi dia ingat janji mamanya kalau bisa selesai mengerjakan proyeknya: BELI CAT AIR BARU hahaha. Ayo berangkat…!

NB: Terimakasih buat tante Trias (temen kuliah mama) yang ngasih info lomba ini.

0

Doodling

Rabu, 13 November

Sonia semangat berangkat ke PBx untuk kelas menggambar. Senin kemarin dia jg untuk pertama kalinya ikut kelas akting. Semoga mau lanjut kedepannya, karena baru kelas gambar yg mau dia ikuti.

Hari ini temanya doodling. Karena saya cuma ngedrop, pas jemput anaknya sudah bikin satu doodling dalam huruf S.

Sampai rumah langsung mau diwarnai, tapi saran kakaknya nggak usah diwarnai. Dia setuju lalu pilih melanjutkan mendoodle huruf selanjutnya yang terbaca namanya: SONIA

Setelah selesai dia pun ingin menempelkan hasil karyanya di tembok 😆. Jadinya mewarnai tembok ruang keluarga kami ❤️