0

Lepas Pampers

Luar biasa!

Diusianya yg ke 21 bulan, Sonia sudah bisa lepas dari pemoersnya baik siang atau pun malam. Hebatnya belum pernah sekalipun dia ngompol di malam hari. Pas di awal-awal saja di siang hari dia kadang masih suka ga bisa nahan lalu ngompol di tempat. 

Sudah sebulanan ini dia ga pampersan. Makin lama makin pandai dia menahan hajatnya. Tak lagi kelepasan pipis.

Awalnya kami ragu untuk melakukan ini. Tp kesensitifannya terhadap pampers baik pospak apalagi clodi memaksa kami mencoba melakukannya. Kami sudah siap kembali berurusan dengan ompol pesing di malam hari.

Keraguan kami beralasan, yaitu pengalaman dengan anak pertama yang rajin ngompol di malam hari sampai usianya yang ke-4. Jadi kenyataan bahwa Sonia sekali lepas pampers langsung nggak ngompol, padahal usianya belum ada 2th, bagi kami adalah keajaiban di tahun 2015 ini ๐Ÿ™‚

Bagaimana triknya?

Semua ini karena Sonia sudah pandai berbicara dan sudah bisa mengungkapkan alarm tubuhnya yang mau pis atau pup. Walau awal-awal dia masih suka bingung membedakan pis apa pup.

Kami memberdayakan lagi baby potty yang pernah dipakai Sonia sejak usia 7 bulan. Ya, seperti kakaknya, kami membiasakan dia untuk pup di potty. Lalu sejak pantatnya muat di toilet dengan tambahan tempat duduk khusus anak-anak dia tidak lagi memakai si potty.

Kalau ortu memperhatikan anaknya dengan seksama, dia akan tahu kebiasaan babynya kapan dia pup. Beda dengan pis yang timingnya nggak pasti. Untuk Sonia, dia biasanya pup di pagi hari. Jadi bangun tidur langsung deh sama ayahnya ditongkrongin di toilet. Ya, ayahnya yang paling rajin urusan nongkrongin bayinya. Soalnya dia ga tega liat anak perempuannya pup di pampers.

Jadi kami taruh si potty di tempat yg kami rasa mudah dan yang penting cepat di jangkau. Ketika dia bilang pis atau pup, kami bisa cepat-cepat mendudukkannya di potty. Karena kalau harus ke toilet dalam atau pun luar kami rasa memakan waktu. Bisa-bisa dia ngompol duluan. Dan tekhnik ini berhasil.

Sebagai keluarga muslim, tentunya najis jika pis anak yg ngompol tidak dibersihkan dengan benar (dibasuh 3x). Maka kami menyiapkan keset kain khusus untuk membersihkan ompol. Kami tak perlu repot-repot ngewer-ewer alat pel yang ganggangnya panjang itu. Yg pasti lebih praktis.

Pada intinya, keberhasilan Sonia ini adalah kepercayaan dirinya yang makin terbentuk. Karena kami percaya padanya. Di awal kami ajak bicara dia dengan bahasa yang mudah untuk usianya. Dan jangan lupa mengapresiasinya ketika dia berhasil: ngomong pup/pis, nahan, lalu berhajat pada tempatnya (potty). Dengan begitu dia merasa percaya dia mampu tidak pis atau pup sembarangan. 

Terima kasih Sonia sayang, untuk prestasi keren di usia hampir 2th ini ๐Ÿ™‚

By Mama

Gambar
0

Gigiku Tumbuh

IMG_1915

Kemarin 8 Mei 2014, gigiku mulai terlihat tumbuh. Ada putih-putih di gigi bawahku. Badanku panas dari pagi. Mama dan ayah jagain aku selalu.

0

Perkembanganku Menjelang Usia 3 Bulan

Assalamualaikum semuanya….

Diusiaku yang belum genap 3 bulan ini, sudah banyak perkembangan yang sedang aku pelajari. Salah satunya menyadari keberadaan tanganku hihihi… Aku suka memperhatikan tangan kananku. Aku takjub, ternyata dia bisa kukendalikan. Bisa kuangkat ke depan mukaku dan ketika gak sengaja megang mainanku yg digantung aku bisa terus memegangnya.

20130901-005909.jpg

Perkembangan lainnya, aku senengggg sekali kalo dililing diajak ngobrol. Ketawaku pun udah lebar dan aku sudah bisa bersuara “รจ รจh รจ รจh” & “heee’ e” dan mulai bubbling yang lainlain. Aku juga sudah bisa masukin semua jari salah satu tanganku ke dalam mulut. Tenang rasanya pas nglamutin tanganku hihihi.

20130901-010544.jpg

Kalo mandi aku senenggg banget. Apalagi sambil ngobrol sama Mama atau Ayah yg lagi mandiin aku. Pas waktunya nyebur ke ember, aku langsung mancatmancatin kakiku ke ember. Jadinya aku sering kejedug ember. Asyik sih. Kata mereka aku heboh klo mandi. Asyik lagi pas aku ditengkurepin pas di ember. Aku bisa liat air mandiku!

Sedangkan tentang progres belajar tengkurep, aku sudah bisa lhooo tengkurep beneran ^_^ …. Aku juga sudah bisa menarik tangan kiriku yang tertindih badanku. Ohya aku baru bisa tengkurep ke kiri, blom nyoba ke kanan. Pas tengkurep aku juga sudah tahan songgo gulu mendongak-dongakkan kepalaku. Aku pun sudah bisa balik terlentang habis tengkurep. Horeee! Pas aku tengkurep Ayah, Mama & mbak Sofi pasti heboh sendiri hihihi…senengnya lihat mereka bahagia ๐Ÿ™‚

20130901-010229.jpg

By Mama

Gambar
0

Belajar Tengkurap

Horeeeee!

Diusia 2.5 bulan ini aku mulai belajar tengkurep lho….. Aku senang karena Ayah, Mama dan mbak Sofia selalu menyemangatiku ๐Ÿ™‚ Doakan yaa latihanku segera membuahkan hasil hihihi iyaaaa aku blom berhasil tengkurep nii… ๐Ÿ™‚

Belajar Tengkurap

By Mama

0

Imunisasi (1&2)

…hai hai….!

Akhirnya ayah dan mamaku nemu tempat yang cocok untuk aku mendapatkan imunisasi, yaitu di Rumah Bersalin Siti Khadijah. Tanggal 21 Agustus kemarin adalah imunisasi kedua ku di situ. Aku diimunisasi Polio I oral, Hep B 1 + DPT 1. Siangnya aku rewel karena imunisasi itu. Badanku panas jadinya nggak nyaman. Setelah dikasih pamol baru aku bisa bobok tenang. Selepas maghrib aku rewel lagi, juga tengah malem jam 12an. Seperti siangnya, aku baru bisa bobok setelah minum pamol.

Imunisasi pertamaku Siti Khadijah tanggal 21 Juli. Aku dapat suntikan BCG. Lihat, hasilnya sudah nampak lho di lengan tangan kananku bagian atas ๐Ÿ™‚ Ohya, pas diimunisasi aku juga ditimbang. Terakhir BBku 5.2kg dan PBku 61cm. Pas imunisasi pertama aku cuma ditimbang, beratku 4.2kg. Berarti sebulan aku naik 1kg ya?

Terbobok Digendongan Ayahku yg Nyaman :)

 

By Mama