Menggambar Tandem Bareng Ilustrator Buku Anak Indonesia

Kebetulan salah satu pengajar student club di PKBM tempat Sonia bernaung adalah seorang ilustrator dan penulis cerita anak ibu Ratna Halim. Karya-karya beliau bisa dilihat disini http://drawingofmind.blogspot.com

Ceritanya bu Ratna memberi tugas anak-anak untuk melanjutkan menggambar dari 3 buah gambar yang telah Beliau buat terlebih dahulu. Setelah itu, anak-anak diminta menceritakan isi gambarnya dimulai dari gambar bu Ratna yang belum ada ceritanya juga. Cerita kali ini berjudul “Petualangan Lima Ekor Ikan”.

Dibawah ini adalah gambar-gambar Sonia untuk melanjutkan 3 gambar awal karya bu Ratna:

Setelah selesai menggambar, Sonia mendikte cerita yang ingin disampaikannya. Kemudian Mama yang menuliskan. Begini cerita Sonia:

Gbr 1 (gbr bu Ratna)
Ada seekor capung yang hinggap di daun
Gbr 2 (gbr bu Ratna)
Lalu capungnya terlalu berat untuk ranting itu. Jadi ranting itu masuk ke air.
Gbr 3 (gbr bu Ratna)
Lalu 5 ekor ikan itu menggigit daun-daunnya. Lalu ikan-ikan itu terlempar ke laut.
Gbr 4 (mulai Sonia yg menggambar, lihat gambar-gambar di atas ya..)
Lalu mereka jatuh ke laut.
Gbr 5
Lalu ke empat ikan itu bersenang-senang kecuali si ikan biru. Karena dia kesal terlempar ke laut dan rindu rumahnya.
Gbr 6
Lalu mereka pergi ke sebuah gua yang sangat gelap.
Gbr 7
Ternyata di dalam gua itu ada dua ekor hiu yang sangat kelaparan. Lalu 5 ekor ikan itu berenang sangat cepat karena di kejar hiu.
Gbr 8
Lalu 5 ekor ikan itu masuk ke gua yang lebih kecil agar hiu-hiu itu tidak bisa masuk kesana. lalu si ikan pink bilang ke teman-temannya bahwa ada lubang di bawah mereka. Lalu mereka melihat lubang itu.
Gbr 9
Lalu mereka masuk ke dalam lubang itu. Si ikan biru berkata:”Hmmm, mungkin lubang ini bisa kita jadikan rumah.” “Aku setuju!” Kata si ikan orange.
Gbr 10
Yeay!! Lalu kelima ekor ikan itu mulai membuat rumah di dalam lubang itu. Selesai.

Menurut bu Ratna, beliau paling suka gambar Sonia yang no. 2 (atau cerita no.5), ikan birunya lucu katanya ?
Kalau kami paling suka gambar no. 4 (atau cerita no.7), ekspresi mata ketiga ikan yg dikejar hiu lucu banget. Apalagi tampang hiu-hiunya yang tengil abis hahaha.

Setelah Sonia menyetorkan karya beserta ceritanya, kemudian bu Ratna mengolahnya. Sekarang Alhamdulillah karya tandem bu Ratna dan Sonia sudah bisa dilihat di website serusetiapsaat.com lhoo… Kalian boleh mendownload atau membagikannya ke teman-teman yang lain. Ohiya, disitu selain Sonia juga ada satu teman lain yang bernama Insia yang karyanya juga masuk.

Alhamdulillah…Sonia beruntung bisa ikut kelas ilustrasi bersama bu Ratna. Ilmu menggambarnya makin bertambah. Terimakasih ibu Ratna…

~Mama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.